Pupuk Kujang Akan Bangun Pabrik Baru Kujang-1C Gantikan Pabrik Lama Kujang-1A

JAKARTA (DUPAN) – Pupuk Kujang, anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), terus berupaya mendukung kebutuhan pupuk petani Indonesia dengan berbagai langkah strategis.

 

Salah satunya adalah peningkatan efisiensi produksi dan memastikan pasokan gas bumi sebagai bahan baku utama untuk jangka panjang.

 

Saat ini, Pupuk Kujang mengoperasikan dua pabrik: Kujang-1A berdiri sejak 1978 dan Kujang-1B beroperasi sejak 2006.

 

Didukung PT Pupuk Indonesia (Persero), Pupuk Kujang berencana membangun pabrik baru, Kujang-1C, untuk menggantikan pabrik Kujang-1A yang sudah tua dan kurang efisien.

 

Rencana pembangunan Kujang-1C ini akan dimasukkan ke dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan.

 

“Kami selalu berupaya untuk menghasilkan pupuk yang terjangkau untuk petani, sehingga kami mengambil langkah pengembangan pabrik baru Kujang-1C yang lebih efisien dari pabrik Kujang-1A yang sudah tua,” ujar Maryono, Direktur Utama Pupuk Kujang, Selasa (25/6/2024).

 

Pada Forum Gas Bumi 2024, Pupuk Kujang menandatangani nota kesepahaman dengan Husky-CNOOC Madura Ltd. (HCML) terkait suplai gas jangka panjang untuk mendukung pembangunan pabrik baru Kujang-1C.

 

Penandatanganan MoU dilakukan di Bandung, dengan dukungan Kementerian ESDM, SKK Migas, dan PT Pupuk Indonesia (Persero).

 

HCML akan menyuplai gas bumi sebesar 48 BBTUD selama 20 tahun melalui jalur pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem).

 

Pembangunan pipa Cisem tahap II, yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) inisiatif Pemerintah melalui Kementerian ESDM, akan menghubungkan sistem pasokan gas di bagian barat dan timur Pulau Jawa, meningkatkan keandalan pasokan gas di wilayah tersebut.

 

“Dengan dukungan infrastruktur gas dari Pemerintah, kepastian suplai gas HCML yang didorong oleh SKK Migas, serta bantuan dari Pupuk Indonesia, kami siap menjalankan proyek pembangunan pabrik baru Kujang-1C,” kata Maryono

 

Maryono menambahkan sinergi ini tidak hanya memperkuat ketahanan energi, tetapi juga ketahanan pangan nasional.

 

Dengan pasokan gas jangka panjang yang terjamin dan pabrik Kujang-1C yang lebih efisien, Pupuk Kujang akan dapat memproduksi pupuk berkualitas tinggi dengan harga lebih terjangkau bagi petani.

 

Kerja sama ini semakin mengukuhkan Pupuk Kujang sebagai bagian dari Pupuk Indonesia Group dalam menjalankan komitmennya sebagai solusi bagi para petani Indonesia. (Dewa/Red.)

Array
Related posts
Tutup
Tutup