Paskibraka Kaderisasi Calon Pemimpin Bangsa Masa Depan

KUNINGAN (DUPAN) – Sebanyak 38 siswa dari 25 SMA/SMK/MA akan bertugas mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka Merah Putih Tingkat Kabupaten Kuningan pada tanggal 17 Agustus 2024 di Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan.

 

Dua siswa atas nama Muhammad Farel sputra Hapidz asal SMAN 2 Kuningan dan Naffa Aurora Rabiha Yusni asal SMAN 1 Garawangi terpilih dan menjadi anggota Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Barat.

 

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Drs.H. Nurahim, M.Si, didampingi Kabid Ketahanan Bangsa H. Hidayat di sela acara Pusdiklat Anggota Paskibraka di Wisma Permata, Senin 12 Agustus 2024.

 

Program Paskibraka ini terang Nurahim, sebagai kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila dan tujuan utama menyiapkan SDM anggota Paskibraka sebagai kader pemimpin bangsa masa depan yang memiliki kualitas fisik dan mental yang unggul, memiliki talenta dan kompetensi pemimpin, mampu bersaing di tengah perkembangan global.

 

Selain itu, menguasai Iptek terkini dan memiliki konsensus yang tinggi terhadap Pancasila UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

 

Pusdiklat Paskibraka  ajan berlangsung 10 hari (9 – 19 Agustus 2024) mengusung “Tema Desa Bahagia”.

 

Diharapkan peserta dapat mengikuti giat Diklat dengan bahagia dalam lingkungan yang dibuat seperti di sebuah Desa, ucap Nurahim.

 

Konsep ini untuk mempersiapkan peserta agar bersedia untuk dipimpin dan siap untuk memimpin, hingga mempersiapkan mereka menjadi pemimpin di masa mendatang, paparnya.

 

Materi Pusdiklat meliputi kepemudaan cinta tanah air,kepribadian, kebudayaan dan kebijakan umum pemerintah daerah.

 

Sementara itu, pembentukan Paskibraka melalui beberapa tahapan, sosialisasi diikuti 350 siswa kelas 1 SMA/SMK/MA. 

 

Pendaftaran Capaskibraka diikuti 315 siswa. Dari jumlah tersebut tersaring 150 siswa, seleksi kedua terjaring 75 siswa Capaska dan seleksi ketiga terpilih 38 lulusan terbaik capaskibraka.

 

Selanjutnya latihan reguler berlangsung sejak Maret- Juli 2024, setiap hari Minggu. Menyusul latihan gabungan bersama TNI-Polri.

 

Sedangkan pengukuhan Hari Jumat 16 Agustus dan pelaksanaan tugas tanggal 17 Agustus 2024 yaitu penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih. (H Aboy)

Array
Related posts
Tutup
Tutup