Lokasi Wisata Pantai Tirta Ayu Balongan Miliki Banyak Keunggulan

BALONGAN (DUPAN) –  Lokasi wisata pantai Tirta Ayu Balongan memiliki sejumlah keunggulan. Misalnya kondisi pantai yang tampak landai,   tidak curam, seperti pantai di laut kidul.

 

Selain itu riak ombaknya kecil, plus pantai yang relatif bersih dari sampah dan lumpur. Hal ini ternyata menjadi daya tarik para wisatawan mengunjungi lokasi wisata Tirta Ayu Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

 

Lebih dari itu, banyak tersedia  kamar bilas  menggunakan air tawar untuk membersihkan badan sehabis bermain air atau pasir  juga tampaknya  ikut menjadi daya tarik bagi pengunjung.

 

Pantainya juga banyak ditumbuhi pohon cemara  yang rindang semakin menambah keunggulan potensi lokasi wisata Tirta Ayu Balongan.

 

Banyaknya tenda dan pohon cemara bisa berfungsi untuk melindungi para pengunjung dari sengatan sinar matahari sehingga bisa  menambah suasana di tempat wisata ini makin teduh. Sekalipun pada siang hari cuacanya terik.

 

“Daya tarik lainnya adalah cukup banyak tersedia sewaan musik boks,  untuk menyalurkan hoby karaoke atau menyanyi bagi para pengunjung yang suka musik,” ungkap Wendi, 35 salah seorang pengunjung.

 

Wendi pada Minggu (22/7/2024) sempat   menyambangi lokasi wisata Tirta Ayu Balongan bersama keluarga dan sempat menyewa musik boks.

 

“Satu jam lebih uang sewanya murah cuma Rp 20 ribu,” ujar pria asal Jatibarang ini.

 

Tak hanya Wendi, rombongan keluarga besar alumni SMPN 3 Indramayu pun memilih Tirta Ayu Balongan sebagai tempat berkumpul atau bersilaturahmi sambil rekreasi.

 

Belasan alumni SMPN 3 Indramayu ini menyambangi Tirta Ayu Balongan melakukan berbagai kegiatan dipandu Ketua Alumni SMPN 3 Indramayu Darsono atau akrab disapa Kang Ono.

 

Begitu rombongan alumni sampai di Tirta Ayu Balongan langsung diarahkan seorang wanita pemilik warung agar menempati bangku kayu untuk tempat duduk.

 

“Mangga Pak, Bu silakan duduk. Duduknya gratis, asal nanti jajan di warung saya ya,” papar wanita paruh baya.

 

Sejumlah bangku kayu dipilih sebagai tempat melepas lelah. Beberapa alumni tampak menyiapkan kegiatan buka arisan.

 

Yang lainnya, seperti Hj. Tati S, istri Kang Ono tak kalah sibuknya yaitu menyiapkan makanan dari rumah berupa lontong yang diguyur kuah sayur lombok yang rasanya pedas, gurih dan menyegarkan.

 

Disela-sela kesibukan menyiapkan menu makan lontong dan sayur lombok, Kang Agus terlihat mulai menyetel bluetooth di HP dan terhubung ke musik boks Polytron Paspro.

 

Tak lama musik pun mengalun dengan suara yang cukup keras. Silih berganti para alumni berkaraoke. Ada juga yang asyik joget hingga tak terasa waktu menunjukan pukul 14.00 WIB.

 

Usai berkaraoke,  giliran foto bersama di pantai kemudian balik kanan alias pulang.

 

Beberapa pengunjung memberi saran dan masukan agar pengelola menyiapkan lebih banyak lagi tenaga pengamanan pantai, guna memberikan perlindungan dan rasa aman bagi pengunjung khususnya anak-anak yang bermain pasir ataupun berenang.

 

Selain itu, pengelola Tirta Ayu Balongan juga tak salah jika memperbanyak area untuk spot selfi dan tempat bermain anak. (Taryani/Dewa/Asep AS)

Array
Related posts
Tutup
Tutup