Direktur Urais Kemenag R.I Jadi Khotib Sholat Ied di Indramayu

INDRAMAYU (DUPAN) – Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Bachtiar, Senin (17/6/2024) melaksanakan sholat Idul Adha bersama jajaran Forkopimda di Alun-alun Puspawangi, Indramayu.

   Bertindak sebagai Imam Sholat Ied K.H M. Mustofa, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama ( PC NU) Kabupaten Indramayu dan Khotib DR.H.Adib, M.Ag sehari hari menjabat Direktur Urusan Agama Islam (Urais) dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama R.I.

   Dalam uraian khutbahnya, Khotib DR.H.Ajib, M.Ag mengungkapkan, ada tiga hal yang mendasari pada pelaksanaan Idul Adha. Yang pertama, kata khotib bahwa ibadah kurban itu memberikan pesan berbagi kepada sesama kaum muslimin melalui kegiatan berbagi daging kurban yang dibutuhkan nutrisinya untuk tumbuh dan kembang kaum muslimin. 

   Hal ini ujar khotib, karena sangat berkaitan dengan masih adanya masalah-masalah stunting atau gizi buruk.

   Yang kedua, pesan-pesan yang disampaikan pada Idul Kurban yaitu menumbuhkan kesadaran kepada kaum muslimin yang berkaitan erat dengan ahlak. 

   “Ini sebagaimana diteladani Nabi Ibrahim AS yang memperoleh wahyu dari Allah SWT untuk mengorbankan putranya yaitu Nabi Ismail AS yang sangat menjunjung tinggi ahlak mulia,” ujarnya.

   Saat Nabi Ibrahim berdialog dengan anaknya, ternyata Nabi Ismail sebagai putra kesayangan dengan ikhlas menyerahkan diri sesuai perintah Allah SWT.

   Pesan ketiga, momentum Idul Kurban juga dapat mencetak generasi terbaik di bidang pendidikan pada lingkungan masyarakat yang berahlakul karimah. (Taryani)

Array
Related posts
Tutup
Tutup