PLN Manfaatkan Abu Batubara untuk Pupuk Pertanian

Wujud pupuk pertanian dari batubara hasil olahan PT PLN. (ist.)

JAKARTA (DUPAN) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan apresiasi atas berbagai langkah konkrit yang dilakukan PT PLN (Persero) dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di Indonesia.

Apresiasi ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) KLHK, Ibu Rosa Vivien Ratnawati.

Vivien menyoroti keberhasilan PLN dalam memanfaatkan limbah Fly Ash and Bottom Ash (FABA) atau abu sisa pembakaran batu bara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Hal ini disampaikan dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang diadakan di Kantor Pusat PLN, Jakarta, pada Selasa (25/6/2024).

FABA kini telah banyak dimanfaatkan PLN menjadi produk bernilai ekonomi tinggi seperti batako, paving block, pemecah ombak, hingga pupuk.

”Saya memberikan apresiasi bahwa PLN sudah menggunakan dan memanfaatkan FABA-nya buat rumah dan sebagainya,” ujar Vivien.

Vivien menekankan pihaknya akan terus mendorong kalangan pelaku usaha untuk melakukan industrialisasi pengelolaan limbah dan sampah dengan penerapan ekonomi sirkular seperti yang dijalankan PLN.

Sehingga  di samping tetap aktif menjaga kelestarian lingkungan, masyarakat juga memperoleh manfaat lebih dari pengelolaan limbah.

“Kami melihat PLN sebagai perusahaan energi terkemuka di Indonesia memang memiliki peran penting.”

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro menambahkan, pemerintah senantiasa mengajak seluruh pihak untuk bergerak bersama dalam upaya menyelamatkan lingkungan.

Pihaknya berharap, berbagai inovasi yang dilakukan PLN akan turut menguatkan motivasi masyarakat untuk ikut serta agenda penyelamatan iklim.

”Lingkungan itu adalah masalah bersama, maka yang perlu dilakukan adalah mengamplifikasi kebaikan yang sudah kita lakukan dan menjadikan itu sebagai collective imagination, sebagai inspirasi bersama,” ungkap Sigit.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN Yusuf Didi Setiarto menyampaikan terima kasih atas dukungan asistensi dari KLHK dalam memanfaatkan FABA di lingkungan PLN.

”Pemanfaatan FABA sekarang ini sangat masif, mulai dari hal yang kecil sampai untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur dalam skala besar.”  (Dewa/Red.)

Array
Related posts
Tutup
Tutup