Pengusaha Muda Cirebon Sandang Predikat Eskportir Rotan Terkemuka di Pasar Global

Pengusaha sukses Vladimir Diki Santoso menyaksikan eksport furnitur rotan ke dalam kontainer. (Ist.)

KABUPATEN CIREBON (DUPAN)  – Membanggakan, sekaligus layak dicontoh, seorang pengusaha muda di Cirebon, Vladimir Diki Santoso mencatat prestasi luar biasa  di bidang ekspor industri furnitur rotan. Pemuda 24 tahun itu menyandang predikat eksportir terkemuka di Pasar Global.

Vladimir Diki Santoso memulai karier mengekspor rotan tahun 2022. Awalnya berbisnis di sektor furnitur kayu nmaun dirasa sulit  bersaing,  akhirnya memilih alih bisnis furnitur rotan sehingga kini ia  mampu memperluas pasar ekspor.

Pada awal bisnisnya, seperti biasa ia dihadapkan pada persoalan finansial plus minimnya pengalaman berbisnis furnitur rotan. Tapi berkat ketekunan dan kerja keras,  Diki berhasil mengembangkan usahanya secara signifikan.

Produksinya meliputi berbagai jenis furnitur rotan,  termasuk alami, sintetis, dan kombinasi dengan kayu dan besi. Produknya  luar biasa  memenuhi permintaan  pasar ke  Amerika Serikat, Dubai, Australia, dan Spanyol.

Dikatakan, sebulan Diki mampu mengekspor 4 kontainer furnitur rotan dari Cirebon dengan nilai ekspor mencapai USD10.000 hingga USD35.000.

Diki berhasil mengembangkan bisnisnya berkat komitmen menjaga kualitas produk yang unggul. Ia juga lihai berkolaborasi dengan produsen lokal untuk memproduksi secara in-house sehingga memberikan dampak positif terhadap ekonomi lokal.

Bukan tak ada saingan. Di pasar global produk furnitur Diki harus bersaing dengan  produsen dari Vietnam yang menawarkan biaya produksi lebih rendah. Namun Diki percaya diri bahwa hanya dengan menjaga keunggulan kualitas produksi,  bahan baku  yang baik serta sentuhan akhir yang bermutu  sehingga produknya bisa berhasil bahkan menguasai pasar global, termasuk tengah menjajaki pasar baru di Afrika.

Ia berharap pemerintah dapat memberikan dukungan lebih lanjut dalam penyediaan bahan baku untuk memperkuat keberlanjutan usahanya. Untuk memastikan kelancaran produksi, Diki mengandalkan pasokan bahan baku dari beberapa depot di Cirebon dan distributor besar di Surabaya.

Keberhasilan bisnis Diki Santoso merupakan contoh nyata, dengan inovasi, ketekunan, dan kerja keras, seorang pemuda mampu mengubah tantangan menjadi peluang menuju sukses gemilang di  bisnis global. (Asep AS/A.Satori Dewa/Red.)

Array
Related posts
Tutup
Tutup