Sinergikan Semangat Hijau, Polytama Ikut Tanam Pohon Produktif & Langka di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

INDRAMAYU (DUPAN ) – Masih dalam semangat Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni, serta menjadi agenda tahunan dilaksakan oleh Polytama dengan menyelenggarakan kegiatan rutin ‘Jumat Bersih’ atau ‘Jumsih’ yang di laksanakan setiap hari Jumat, dengan memberikan sentuhan berbeda yaitu, penanaman pohon di area hijau Plant Site Polytama di Indramayu.

Dalam penyampaian-nya di kegiatan Jumsih Afandi selaku HSE Manager Polytama mengatakan, kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Polytama diikuti seluruh Insan Pekerja Polytama di Indramayu, ini dicetuskan sebagai salah satu bentuk semangat hijau Polytama dalam rangka mendukung peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Bertajuk ‘Jumat Bersih: Penanaman Pohon’, merupakan kegiatan wujud komitmen Polytama terhadap kelestarian lingkungan dan kontribusi dalam menggiatkan semangat hijau yang dimulai dari melakukan hal sederhana di lingkungan terdekatnya.

Pelaksanaan Jumsih Penanaman Pohon ini juga memiliki objektif yang sejalan dengan slogan hari lingkungan hidup sedunia 2024 ‘Tanah Kita, Masa Depan Kita. Kami adalah Generation Restoration’ serta tema tahun ini yaitu ‘Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan.” paparnya.

Lanjut Afandi, Pada kegiatan tersebut sebanyak 120 tanaman yang terdiri dari tanaman produktif dan tanaman langka, mulai dari durian montong, mangga gedong gincu, pete cina, hingga cendana, tanaman maja dan kepel berhasil ditanamkan di area hijau Plant Site Polytama. 

Afandi juga menekankan, pentingnya sinergi untuk memperbaiki lingkungan kita, dimulai dari orang-orang terdekat.

“Dengan berjalan lancarnya kegiatan penanaman pohon hari ini kami berharap komitmen kita bersama untuk lingkungan tidak akan berhenti di sini, kami juga mengimbau Bapak dan Ibu untuk melakukan penanaman pohon di lingkungan masing-masing.”

Kegiatan penanaman pohon juga menjawab aspek land restoration atau pemulihan lahan yang mendukung upaya untuk mengembalikan kesehatan dan produktivitas lahan yang terdegradasi. Dengan penanaman pohon, kita dapat membantu menjaga kesuburan tanah, menyimpan air hujan, mengurangi zat pencemar udara dan menyerap karbon serta menambah keanekaragaman hayati.

Polytama juga telah menerapkan program pemanfaatan air buangan untuk penyiraman area hijau, dimana dengan adanya program tersebut air buangan yang berasal dari limbah cair domestik kemudian dialirkan oleh pompa untuk penyiraman tanaman dan lahan secara otomatis, sehingga menciptakan sinergi keberlanjutan dan meminimalisir limbah dari segi operasional Polytama.

Dengan berakhirnya rangkaian kegiatan ‘Jumsih: Penanaman Pohon’ ini, Polytama semakin menyadari pentingnya inovasi dan kolaborasi dalam upaya pelestarian lingkungan. Kegiatan ini bukan sekadar acara seremonial, tetapi merupakan langkah nyata dalam menciptakan sinergi yang melibatkan seluruh pihak. Polytama percaya bahwa untuk mencapai hasil yang optimal dalam pelestarian lingkungan, tidak bisa hanya satu pihak saja yang bergerak. Diperlukan kerja sama dan kontribusi dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari pemerintah, perusahaan, hingga komunitas lokal. Hanya dengan kolaborasi yang kuat dan komitmen bersama, tujuan pelestarian lingkungan dapat terwujud secara maksimal.

Harapannya melalui kegiatan ini Polytama juga dapat menanamkan semangat hijau dan memupukkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan di benak para Insan Pekerja nya, dan juga dapat menjadi inspirasi bagi pihak lainnya.” tegasnya (Dedy S.M)

 

 

 

 

 

 

 

Array
Related posts
Tutup
Tutup