Ketua KPU RI Hadiri Rapat Pleno Terbuka KPU Kuningan

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82?

KUNINGAN (DUPAN) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Mochamad Afifuddin, menghadiri Rapat Pleno KPU Terbuka Kabupaten/Kota secara marathon di seluruh Indonesia.

 

Kunjungan perdana hadir saat KPU Kuningan menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) tingkat Kabupaten Kuningan pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati tahun 2024, di Hotel Horison Tirta Sanita, Minggu, 11 Agustus 2024.

 

Rapat Pleno ini adalah yang pertama dihadiri oleh Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin. Acara dihadiri Pj. Bupati Kuningan Iip Hidajat,, didampingi oleh Pj Sekda Asep Taufik Rohman,Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab.Kuningan Toni Kusumanto, Ketua Bawaslu, dan seluruh anggota PPK.

 

Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Budi Hartono, mengatakan rapat pleno ini merupakan perjalanan panjang yang telah dikerjakan oleh 3.551 pantarlih di Kabupaten Kuningan, kita telah malaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit). Hari ini merupakan titik tolak bagaimana data yang nanti yang akan kita tampilkan atau sajikan dalam pemilu serentak mudah-mudahan datanya betul-betul mutahir dan betul-betul valid, papar Abuhar sapaan akrabnya .

 

Ketua KPU Abuhan berpesan kepada PPK dan masyarakat Kuningan untuk proaktif, setelah DPS ditetapkan hari ini, akan diumumkan disetiap Desa dan Kelurahan, lalu diberikan kesempatan selama 10 hari setelahnya kepada seluruh warga masyarakat Kuningan, melaporkan apabila dalam hal pencocokan dan penelitian ada kesalahan nama, tanggal lahir, tahun lahir, kita tunggu untuk perbaikan.

 

Ketua KPU RI Mochamad Afifuddin menyebutkan,  rapat pleno penetapan Daftar pemilih sementara (DPS) di Kabupaten Kuningan ini yang pertama saya datangi dari seluruh Kota/Kabupaten di Indonesia.

 

“Pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) merupakan sebuah keharusan, karena yang namanya data semakin diteliti potensi kurang/lebih dan ada yang dikoreksi itu pasti ada”, terang Mochammad Afifuddin.

 

Mochammad Afifuddin menegaskan, prinsip dalam pemutakhiran data baik itu DPS maupun DPT nanti yaitu “KAMI”, Komprehensif, data pemilih harus Komprehensif, lalu harus akurat, mutahir, dan Inklusif yaitu kita harus mau menerima masukan, jadi data-data ini harus benar-benar disinkronkan tegasnya.

 

Pj. Bupati Iip Hidayat mengapresiasi kerja sama yang kompak antara KPU dan Bawaslu Kuningan dalam pelaksanaan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Kami Pemerintah Daerah sudah mendistribusikan hibah ke KPU 100 persen. Semoga pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan sukses tanpa ekses. (H ABOY)

Array
Related posts
Tutup
Tutup