Seluruh Ketua RT/RW di Indramayu Memperoleh Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

INDRAMAYU (DUPAN) — Seluruh ketua RT dan RW di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat memperoleh perlindungan BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu.

 

Sebelum kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan itu diserahkan, para ketua RT dan RW mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan sosialisasi Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan RT/RW Tingkat Kabupaten Indramayu Tahun Anggaran 2024 di Aula Nyi Endang Dharma Ayu Universitas Wiralodra, Rabu (31/7/2024).

 

Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Bachtiar mengatakan, RT dan RW memiliki peran strategis dalam pelaksanaan urusan pemerintahan, pelayanan masyarakat, pemeliharaan keamanan serta penggerak swadaya masyarakat.

 

Oleh karena itu kapasitas dan kemampuan para ketua RT dan RW harus selalu ditingkatkan.

 

Ia berharap melalui pembinaan dan peningkatan kapasitas tersebut dapat meningkatkan kemampuan RT dan RW dari berbagai aspek mulai dari administrasi hingga penguasaan teknologi sehingga dapat membantu pemerintah desa dalam menyukseskan program pembangunan daerah.

 

“Karena bagaimanapun semua pembangunan dimulai dari desa, banyak potensi daerah di Kabupaten Indramayu yang dapat terus dioptimalkan. Namun hal tersebut perlu komitmen bersama termasuk RT dan RW di dalamnya,” tambahnya.

 

Bupati berpesan kepada para ketua RT dan RW agar terus menciptakan keamanan dan kondusifitas lingkungan serta memelihara kebersihan lingkungan dengan mengajak masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan menggalakkan kegiatan bersih-bersih lingkungan secara rutin setiap hari Jumat.

 

Pada saat itu dilakukan pengukuhan Forum Komunikasi RT/RW Kabupaten Indramayu dan penyerahan secara simbolis jaminan kematian kepada penerima manfaat serta 7.948 BPJS Jetenagakerjaan sebagai perlindungan sosial RT/RW yang bersumber dari APBD Kabupaten Indramayu.

 

Hadir pada kegiatan tersebut Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Jajang Nurjaman,  Kepala Dinas Sosial, Sri Wulaningsih serta tamu dan undangan lainnya. (Asep AS/Dewa/Taryani)

Array
Related posts
Tutup
Tutup