Dishub Indramayu Tahun Ini Punya “PR” Pasang 1.376 Titik PJU

INDRAMAYU (DUPAN) – Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu terus berupaya melakukan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebagai realisasi program unggulan Desa Kabeh Terang (De-Kat) yang diinisiasi Bupati Indramayu Nina Agustina.

 

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, program unggulan Desa Kabeh Terang (De-Kat) mampu mengubah suasana desa menjadi lebih terang dan semarak bila dibandingkan waktu sebelumnya.

 

Terangnya suasana desa ini diharapkan meningkatkan mobilitas warga ketika malam hari. Terpenting, katanya mengurangi kerawanan sosial serta meminimalisir kecelakaan karena situasi jalan yang gelap.

 

“Alhamdulillah Desa Kabeh Terang ini sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mari terus bersinergi agar program-program pemerintah yang dijalankan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,” ujarnya. 

 

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu, Asep Sabar Nugraha melalui Kepala Bidang Prasarana Yudi Krisnawan, Selasa (23/7/2024) mengatakan, pada tahun 2024 ini pihaknya menargetkan pemasangan PJU sebanyak 1.646 titik. Jumlah tersebut berasal dari APBDes sebanyak 60 titik, APBD sebanyak 1.307 titik, dan Banprov sebanyak 279 titik.

 

Sampai dengan hari ini PJU yang sudah terpasang sebanyak 270 titik. Dengan demikian masih ada pekerjaan rumah atau “PR” sebanyak  1.376 titik lagi yang harus dipasang sampai akhir tahun. Sedangkan  270 titik yang sudah terpasang itu berasal dari APBDes sebanyak 60 titik dan APBD sebanyak 210 titik. 

 

Yudi menambahkan, pemasangan PJU ini untuk mempermudah pengguna jalan melihat kondisi jalan yang akan dilalui pada malam hari, sehingga dapat meningkatkan keselamatan lalu lintas dan keamanan.

 

“Fungsi utama PJU adalah memberikan pencahayaan bagi pengguna jalan, sehingga merasa aman saat aktivitas perjalanan malam hari,” ujar Yudi.

 

Berdasarkan data, progres dan realisasi De-Kat terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sejak tahun 2021 – 2023 sebanyak 3.247 titik PJU berhasil terpasang.(Taryani/Asep AS/Dewa)

Array
Related posts
Tutup
Tutup