Puluhan Karyawan Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu dan Pemuda Jatibarang Baru Baksos Bebersih Masjid Al Inabah

INDRAMAYU (DUPAN) – Kebersihan sebagian dari iman. Pepatah itu mungkin yang menginspirasi terjadinya kerja bareng antara pemuda Desa Jatibarang Baru bersama jajaran Perumdam Tirta Darma Ayu (TDA) melakukan bersih-bersih di Masjid Al Inabah Desa Jatibarang Baru, Kecamatan Jatibarang, Indramayu, Jumat (12/7/2024).

Pria dan wanita tampak kompak membersihkan masjid. Ada yang bersih-bersih di dalam masjid dan ada pula yang mengambil peran membersihkan sekitar halaman masjid, seperti yang dilakukan Dedi dari Perumdam TDA Indramayu dan Isro dari Perumdam TDA Cabang Jatibarang.

Menurut Humas Perumdam TDA Dedi,  sebanyak 60 orang dilibatkan dalam kegiatan amal itu. Mereka terdiri dari 30 pemuda sekitar masjid, 20 orang karyawan Perumdam TDA Indramayu dan 10 karyawan Perumdam TDA Cabang Jatibarang.

Kaos yang dikenakan  Dedi tampak basah berkeringat. Ia mengaku sudah memulai aktivitas membersihkan rumput yang muncul di sela-sela paving block sejak pagi sekitar pukul 07.30 WIB.

Menurut Dedi, kerja bakti Perumdam TDA Indramayu, Perumdam TDA Cabang Jatibarang dan pemuda setempat juga menyentuh masalah sanitasi dan sarana berwudhu.

“Kalau ada keran air yang rusak kami ganti. Kami juga membersihkan kamar kecil, tempat wudhu dan mengisi air penampungan di atas masjid dengan mensuplai air dari kendaraan tangki Perumdam TDA Indramayu,” ujarnya.

Dedi menambahkan,  kolaborasi atau kerja bareng dilaksanakan sekitar dua jam. “Ya pokoknya sampai pekerjaan selesai. Kalau belum selesai kami belum berhenti,” ujarnya.

Isro, karyawan Perumdam TDA Cabang Jatibarang sengaja mengambil peran bersih-bersih menggunakan alat bantu seikat sapu lidi. Membersihkan sampah di halaman depan Masjid Al Inabah.

Terdengar raung mesin pemotong rumput yang dioperasikan petugas memangkas rumput di halaman masjid yang bersahutan dengan suara seorang pria mengaji dari dalam Masjid Al Inabah. (Taryani/Asep AS/Dedy Musashi)

Array
Related posts
Tutup
Tutup